Kemenag Minta Jamaah Haji Batasi Barang Bawaan


Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta jamaah membatasi membawa barang saat menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah Al-Mukarramah.

"Saya minta jamaah kita tidak membawa barang berlebihan setelah pulang dari berhaji. Jamaah agar membatasi barang, karena saat kembali ke tanah air biasanya mereka banyak membawa oleh-oleh seperti ceret kuning dan lainnya," kata Kepala Kemenag Kota, Baihaqi di Palangka Raya, Jumat.

Dia mengatakan, sesuai dokumen Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH), barang bawaan berupa tas tenteng maksimal tujuh kilogram dan koper maksimum 32 kg.

"Apabila barang bawaan jamaah melebihi kapasitas yang ditentukan lebih baik dikirimkan melalui kargo. Ini sebagai upaya antisipasi adanya permasalahan lebih lanjut," kata pria yang juga bertindak sebagai ketua penyelenggara pendaftaran dan bimbingan haji Palangka Raya itu.

Dia juga meminta jamaah haji asal Ibu Kota Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" itu untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga nama baik bangsa Indonesia.

"Kami juga minta jamaah selalu menaati peraturan. Jalankan rukun dan sunah dengan sebaik-baiknya, jagalah persatuan dan kesatuan, yaitu rukun, guyub antarsesama jamaah calon haji dari Indonesia," katanya.

Kalau pun ada permasalahan, lanjut dia, jamaah agar tidak sungkan atau malu berkoordinasikan dengan petugas terdekat.

Ia mengharapkan para jamaah calon haji untuk menjalankan ibadahnya sebaik mungkin seolah sebagai kesempatan yang kemungkinan tidak akan terulang lagi. Hal itu, kata dia agar jamaah lebih meresapi dan mendalami setiap ibadahnya.

"Kunci keberhasilan dalam menjalankan ibadah haji adalah sabar serta saling menolong sesama terutama yang tua-tua. Hal yang juga perlu diperhatikan kalau bepergian jangan sampai sendirian, minimal dua orang," katanya.
Share on Google Plus

About red 2

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...