Ke Malaysia, 'Nak Tengok Wayang, Kan?'

BeritaDEKHO - Berkunjung ke Malaysia merupakan pengalaman yang unik khususnya bagi warga Indonesia.

Negara serumpun yang mempunyai pembangunan yang lebih mapan ini, terasa hanya bagian dari Indonesia saja.

Walaupun begitu tak bisa dipungkiri bahwa Malaysia lebih banyak menggunakan fasilitas-fasilitas kemajuan untuk kemakmuran rakyatnya di Indonesia.

Sebut misalnya, pembangunan moda transportasi, infrastruktur yang lebih rapi dan lain sebagainya.

Di Indonesia, kecanggihan yang dimiliki Malaysia itu bukan lah hal yang baru.

Perbedaannya, di negeri jiran ini semata terletak pada pemerataan pembangunannya saja.

Ibaratnya, Indonesia adalah negeri kaya dan pintar, tapi pembangunan kurang merata, smentara di Malaysia, negaranya sama saja, hanya pembangunan lebih bisa dinikmati oleh sebagian besar warganya.

Namun begitu, ternyata ada beberapa kosa kata di Malaysia yang berbeda dengan Indonesia. Kosa kata ini bagi sebagian pemahaman Indonesia dkenal cukup ketinggalan.

Contohnya adalah penggunaan kata 'wayang' untuk menyebut bioskop.

'Nak Tengok Wayang, Kan?' begitu kira-kira pertanyaan orang untuk menunjukkan arti, "Apakah anda ingin menonton bioskop atau cinema"

Wayang???

Iya, wayang identik dengan seni di Jawa. Jadi menonton atau menengok wayang pemahamannya adalah menonton pertunjukan Jawa, yang ditradisikan sejak ratusan tahun yang lalu.

Pertanyaan ini pula megingatkan ada sisi lain di Malaysia yang masih dipengaruhi budaya atau tradisi lama, di tengah kemajuan negara mereka yang cukup pesat itu.

"Selamat menengok wayang!" 
Share on Google Plus

About Admin

Berita Dekho (www.beritadekho.com) merupakan media nasional yang pada awalnya didirikan untuk mempromosikan potensi alumni Indonesia yang pernah kuliah dan menimba ilmu di India dan negara-negara Asia Selatan. Lihat info selanjutnya di sini

0 comments:

Post a Comment

loading...